Pasar Didenda karena Gagal AML dan Tanggung Jawab Sosial

Smarkets Fined for Failing AML and Social Responsibility

Komisi Perjudian GB mendenda bursa taruhan Smarkets £630.000 (€747.037/$769.149) untuk beberapa tanggung jawab sosial dan pelanggaran anti-pencucian uang, termasuk mengizinkan pemain menyetor sejumlah enam digit tanpa melakukan pemeriksaan yang diperlukan. Regulator mengklaim Smarkets gagal melakukan pemeriksaan sumber dana yang memadai sebelum mengizinkan klien untuk berjudi. Operator juga ditemukan lalai mengenali dan membantu pelanggan dalam bahaya kerusakan. Kemampuan satu pelanggan untuk menyetor £ 395.000 selama empat bulan tanpa Smarkets melakukan pemeriksaan sumber dana yang diperlukan adalah salah satu contoh spesifik yang disebutkan dalam siaran pers Komisi. Komisi juga menyoroti situasi di mana seseorang mentransfer sejumlah besar uang antar rekening tanpa diawasi atau dikenai cek sumber dana.

Oleh karena itu, regulator menyimpulkan bahwa Smarkets telah melanggar ketentuan lisensi 12.1.1, yang berkaitan dengan prosedur dan peraturan anti pencucian uang. Pasar menemukan pelanggaran ketentuan kode biasa 2.1.2, yang penting untuk pencucian uang, dan kode praktik tanggung jawab sosial (SRCP) 3.4.1 untuk interaksi konsumen. Operator juga telah menerima peringatan tertulis dan akan menjalani audit untuk memastikannya berhasil menjalankan kebijakan, prosedur, dan kontrol anti pencucian uang dan tanggung jawab sosialnya sesuai dengan pasal 117(1)(b) Undang-Undang Perjudian tahun 2005 .

Sarah Gardner, wakil kepala eksekutif Komisi, menemukan kasus ini melalui inspeksi peraturan dan menunjukkan bagaimana mereka akan mengambil tindakan terhadap perusahaan game yang mengecewakan klien mereka. Pasar adalah subjek penelitian kami, dan kami menemukan berbagai kesalahan yang membuat pelanggan berisiko mengalami kerusakan terkait perjudian. Jelas, sistem dan prosedur yang ada tidak memadai karena perusahaan tidak menerapkan aturan dan kontrolnya dengan benar, yang menyebabkan pelanggaran ini.

Jason Trost, pendiri dan CEO Smarkets, mengatakan kepada iGB bahwa perusahaan menerima keputusan tersebut dan akan terus bekerja sama dengan pihak berwenang untuk menyempurnakan prosedurnya. Untuk menerapkan rekomendasi Komisi, mereka telah bekerja sama dengan mereka sepanjang proses dan mengambil langkah-langkah yang cukup besar, berinvestasi secara signifikan di departemen kepatuhan kami, seperti yang dinyatakan oleh Trost. Mereka juga bertanggung jawab untuk menerapkan prosedur kepatuhan yang sesuai dengan sangat serius. Kami akan mengambil langkah-langkah tegas untuk memastikan perbaikan prosedur yang berkelanjutan sambil bekerja sama erat dengan Komisi dan pemangku kepentingan penting lainnya.

Hukuman datang setelah Komisi mendenda operator online LeoVegas £ 1,32 juta minggu lalu karena melanggar tanggung jawab sosial dan kebijakan anti pencucian uang.

Author: Steven Butler